Tips Pintar Memilih Modem dan Paket Internet

Banyak tipe dan merk modem serta paket yang diberikan operator untuk paket internet membuat kita terkadang sedikit kebingungan memilih mana yang akan kita gunakan untuk keperluan kita sehari-hari. Berikut adalah ulasan saya untuk tips pintar memilih modem dan paket internet.


Memilih Modem
Di pasaran, tersedia berbagai tipe modem dari berbagai vendor, jika mau menghitung, mungkin tipe dan merek modem yang beredar berjumlah ratusan. Saat ingin menggunakan modem, tentunya kita dihadapkan beberapa persoalan mengenai modem jemis apa yang akan digunakan, kemudian dari vendor apa dan seri yang mana yang harus digunakan.


Pemilihan modem sebaiknya didasarkan pada:

- di perangkat mana kita akan menggunakannya.
Untuk perangkat PC, kita dapat menggunakan modem berjenis USB ataupun  DSL modem. Tidak banyak perangkat yang dapat digunakan pada PC karena keterbatasan port.
Untuk peangkat Laptop, banyak perangkat yang dapat kita gunakan. Jenis DSL modem, USB, USB tethered, maupun jenis PCMCIA dapat kita gunakan (tentunya bergantung pada ketersediaan port).
Sedangkan untuk perangkat tablet (yang tidak terintegrasi dengan modem internal), modem jenis USB dan USB tethered modem adalah pilihannya.

Bila rekan-rekan ingin menggunakan modem tersebut di beberapa perangkat, saya sarankan untuk menggunakan USB modem. Ini karena fleksibilitas dari port USB dan mendukung bila mobilitas rekan-rekan tinggi. Untuk perbedaan dari berbagai jenis modem, semua saya katakan hampir sama kemampuannya. Speed download untuk modem HSDPA semua sudah upto 7 mbps. Perbedaan yang utama adalah daya tangkap sinyalnya.

- jenis operator yang digunakan.
Ada 2 jenis operator yang menyediakan ISP di Indonesia, operator GSM dan CDMA. jenis modem yang beredar juga terbagi menjadi modem GSM dan modem CDMA. Sebelum menentukan, rekan-rekan sebaiknya melakukan survey terhadap lokasi tempat rekan-rekan nantinya akan menggunakan modem tersebut. Ini penting karena kekuatan sinyal akan mempengaruhi kinerja modem rekan-rekan.

Memilih Paket Internet
Di Indonesia, semua operator telekomunikasi menyediakan ISP dan paket internet kepada pelanggannya. Para operator juga berlomba-lomba untuk memikat hati pelanggannya dengan berbagai pilihan paket internet yang mereka sediakan. Tentunya ini akan membuat pelanggan bingung untuk memilih.

Pemilihan paket internet sebaiknya didasarkan pada:

- ketersediaan jaringan operator.
Sebelum membeli paket internet, pastikan bahwa tempat rekan-rekan beraktivitas nantinya telah ter-cover jaringan (baik 2G maupun 3G) dari operator yang akan digunakan. Ini akan berpengaruh pada performa koneksi internet.

- sesuaikan budget.
Saya rasa rekan-rekan mengerti maksud yang ini :-)

- jangan tergiur dengan promo paket internet.
Operator biasanya menawarkan kecepatan tinggi dan kuota unlimited (tapi selalu dibatasi fair usage - sedih jadinya) untuk menarik hati pelanggannya. Namun demikian, saya sarankan agar rekan-rekan jali untuk memilihnya. Saran dari saya adalah pilihlah paket yang sesuai budget dan memiliki kuota besar. Untuk yang hoby download, pilihlah paket yang true unlimited. Jangan pilih yang kecepatan tinggi namun di limit fair usage. Pengalaman saya, paket 384 kbps yang true unlimited akan lebih menguntungkan daripada paket manapun (384 kbps sebulan bisa koleksi film 20 GB lho...).

Untuk lengkapnya mengenai paket internet, silahkan rekan-rekan melihat daftar paket di web resmi masing-masing operator.
GSM
  • Telkomsel - http://www.telkomsel.com/telkomselflash
  • Indosat - http://www.indosat.com/internet
  • XL - http://xl.co.id/internet/paketinternet
  • Axis - http://axisworld.co.id/Paket_Internetan
  • 3 - http://internet.tri.co.id/
CDMA
  • Flexi - http://www.telkomflexi.com/data/flexinet-unlimited/
  • Esia - http://www.myesia.com/esia-paket_internet.html
  • Smartfren - http://www.smartfren.com/data/
Nah, rekan rekan tahu kan mana paket yang menguntungkan?

- kemudahan setting koneksi.
Sebelum dapat menggunakanpaket internet, kartu terlebih dahulu harus di registrasi dan baru kita bisa mendaftarkan paket internet. Info lengkap silahkan lihat di website resmi diatas.

- pilih paket internet yang ada gretongannya.
Untuk yang ini, rekan-rekan mungkin banyak yang lebih tahu daripada saya. tips ini saya masukkan sebenarnya hanya untuk keadaan "kejepit" saja :-)

Demikian Tips Pintar Memilih Modem dan Paket Internet ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Share this article :
 

+ comments + 11 comments

September 3, 2012 at 3:12 PM

Ikut nambahin gan, untuk area kota malang, saya sarankan pake smartfren paket unlimited 384 kbps prabayar... Cuma 90rb per bulannya, agan2 bs donlot sak-blengere...

September 3, 2012 at 3:28 PM

mas samid, setuju deh...

yang biasa internet-an dengan kuota > 20 GB perbulan pasti tahu apa masalah utama paket2 internet di Indonesia.

saya pakai temansmart juga, lumayan...
nice share gan :-)

January 7, 2013 at 1:21 PM

terima kasih atas tips dan informasinya

Anonymous
March 4, 2013 at 1:31 AM

bukannya smart udah ga ada paket true unlimitedx ya?

March 5, 2013 at 3:45 PM

iya, ini update bulan Agustus 2012 waktu saya menulisnya.

akan saya update lagi bila sempat, atau kalau ada rekan-rekan yang mau menambahkan, terimakasih sekali.

:-)

Anonymous
July 5, 2013 at 12:09 AM

eh mas bro.. skrg provider apa yg true unlimitednya sampe 300kbps?? lagi mau nyari internet yg pake usb nih.. makasi :)

November 13, 2013 at 3:54 AM

Maap y Pak, Bu, Om, Tante, Bro n Sis…saya numpang promo sdikit..FYI : Paket First Media terbaru Internet 3 Mbps (Real Unlimited Quota, Modem plus Wireless) + TV kabel (Homecable) 91 ch Rp 365.000 (sudah termasuk ppn 10 %). Cocok untuk kebutuhan perumahan. Bila berminat hub (021) 512 98 021, 0878 7135 7767, 0821 1170 5157. Thx bnyak y

November 9, 2015 at 3:16 PM

:-)

December 11, 2015 at 6:14 PM

Maaf ya. Masih bingun ini untuk internt untuk game online laptop sarakan pilih pake apa pless jawab

May 17, 2017 at 9:54 AM

Thanks yah, infonya :) Ditunggu updatean artikelnyaa!

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. subchanasyari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger