Instalasi OS Melalui Flashdisk


Saat ini banyak komputer PC maupun Laptop yang tidak disertai dengan CD/DVD room drive. Tentunya, akan menjadi kesulitan tersendiri bagi kita untuk melakukan instalasi baru ataupun saat ingin me-repair OS pada perangkat yang kita punya. Namun ada beberapa software pendukung yang dapat kita gunakan untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Software pendukung ini membantu kita menciptakan media USB Flashdisk menjadi bootable atau dapat dijadikan sebagai media boot untuk instalasi OS.

Pada post kali ini saya akan membahas mengenai Instalasi OS melalui media USB Flashdisk. Karena banyak-nya OS yang hadir di pasaran dan keterbatasan waktu, saya akan menjelaskan untuk beberapa OS saja. OS yang instalasinya dapat kita lakukan melalui USB Falashdisk antara lain Windows XP, Windows 7 dan keluarga Linux.

Berikut adalah software yang dapat digunakan:
  1. Unetbootin: untuk membuat media instalasi keluarga Linux.
  2. Win Setup from USB: Windows 2000/XP.
  3. Windows7 USB/DVD Download Tools: Windows 7.
Hal lain yang perlu dipersiapkan antara lain Source Instalasi (Image CD Instalasi .iso) OS. Selain itu siapkan juga flashdisk yang akan jadi media instalasi (Untuk Windows 7 sebaiknya menggunakan Flashdisk 4 GB).

Oke, kita bahas cara-nya satu-persatu…

Unetbootin
-         Tancapkan Flashdisk dan buka aplikasi Unetbootin.
-         Pada jendela utama, pilih “Diskimage” -> Pilih “ISO” -> Kemudian browse lokasi Image CD instalasinya.
-         Pada pilihan “Type”, pilih “USB Drive” dan tentukan “Drive” Flashdisk terpasang (contoh di D:).
-         Klik OK.
-         Proses pembuatan media instalasi di mulai, tunggu beberapa saat.
-         Bila proses telah selesai, akan muncul informasi “Instalation Complete”, pada opsi paling bawah, pilih “Exit” saja.
-         “Safely remove” falsdisk dari komputer dan flashdisk telah siap digunakan.

Dengan Unetbootin, sebenarnya kita bisa juga langsung mendownload file .iso dari repo masing-masing distro. Namun akan memakan waktu yang lama karena ukuran file rata-rata sekitar 1 GB.

Win Setup from USB
Pada cara ini, saya menggunakan aplikasi PowerISO untuk me-mount CD source XP (hanya untuk mempermudah saja). Bila rekan-rekan tidak ingin menggunakannya, silahkan copy semua isi CD Instalasi Windows pada folder tertentu.

-         Tancapkan Flashdisk dan buka aplikasi Win Setup from USB.
-         Pada jendela utama, browse lokasi source Windows 2000/XP. Sebagai contoh, source Windows 2000/XP ada pada drive H:. Pada pilihan “USB Disk Selection”, seharusnya otomatis men-detect Flashdisk rekan-rekan. Bila belum, klik “Refresh”.
-         Langkah selanjutnya adalah format Flashdisk. Klik “RMPrepUSB”, kemudian akan muncul jendela RMPrepUSB. Pilih pilihan seperti contoh di bawah ini. Sebagai catatan, “Volume Label” sebaiknya disamakan dengan volume label CD Windows. Jangan lupa, klik “Choose Folder” dan browse pada source Windows 2000/XP (H:). Bila ada notifikasi, klik OK saja.
-         Kita akan di kembalikan pada jendela awal. Klik “GO” dan proses akan dimulai. Rekan-rekan bisa sembari minum kopi dulu karena prosesnya agak lama (sekitar 5-10 menit).
-         Bila proses telah selesai, akan muncul notifikasi. Klik OK dan “Exit” dari Win Setup from USB.
-         Safely remove Flashdisk dan Flashdisk siap digunakan.

Windows 7 USB DVD Download Tools
-         Tancapkan Flashdisk dan buka Windows 7 USB DVD Download Tools.
-         Langkah pertama adalah menentukan source yang digunakan. Klik “Browse” dan pilih image yang akan digunakan. Kemudian klik “Next”.
 -         Langkah kedua adalah memilih jenis media yang akan digunakan, pilih “USB device”.
-         Langkah ketiga menentukan Flasdisk yang akan digunakan. Seharusnya flasdisk rekan-rekan sudah otomatis ter-detect. Jika belum klik refresh dan pilih drive flashdisk (pada contoh adalah drive G:).
-         Klik “Begin copying” dan proses akan dimulai. Jika Flashdisk rekan-rekan ada isinya, akan ada notifikasi not enough space, klik “Erase Disk” dan kemudian OK. Tunggu beberapa saat karena proses berjalan agak lama.
-         Jika telah selesai, akan ada notifikasi complete. Close aplikasi dan safely remove Flashdisk. Flashdisk siap digunakan.

Nah, proses membuat media USB Flashdisk sebagai media instalasi telah selesai. Bila ada pertanyaan mengenai post diatas, silahkan rekan-rekan menulis comment. Semoga bermanfaat.

Semua software diatas dapat di download di:
Unetbootin [IDWS]
Win Setup from USB [IDWS]
Windows 7 USB/DVD Download Tools [IDWS]
Share this article :
 

+ comments + 4 comments

January 17, 2013 at 1:46 PM

saya coba ya..
mudah-mudahan berhasil..

January 17, 2013 at 9:56 PM

selamat mencoba... :-)

February 9, 2017 at 7:47 AM

kimochi senpaiii

February 9, 2017 at 7:49 AM

kimochi senpaiii

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. subchanasyari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger